PEKALONGAN-Sebanyak 399 tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum (RSU) Budi Rahayu mendapat vaksinasi Covid-19. Vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Budi Rahayu dilaksanakan di Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) lama RSU Budi Rahayu selama dua hari, Selasa (26/1) dan Rabu (27/1).

Penanggung Jawab Vaksinasi Covid-19 RSU Budi Rahayu dr Jefry Mandala mengatakan, tenaga kesehatan di RSU Budi Rahayu sebanyak 399 orang. Pada hari pertama, sudah dilakukan vaksinasi kepada 216 orang tenaga kesehatan.

“Harapannya, hari ini vaksinasi bisa selesai. Kalau misalnya ada perpanjangan satu hari ke depan, itu diperuntukkan bagi tenaga kesehatan yang tertinggal atau yang tertunda,” terangnya, kemarin.

Untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19, RSU Budi Rahayu menyiapkan sepuluh orang vaksinator. Sebanyak sepuluh orang vaksinator di RSU Budi Rahayu, sebelumnya telah mengikuti pelatihan.

Pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut, tenaga kesehatan yang akan disuntik vaksin Covid-19 harus melewati empat tahap. Yakni pendaftaran dan pengecekan data, screening meliputi anamnese dan pemeriksaan sederhana, pelaksanaan vaksinasi atau penyuntikan, dan yang terakhir pencatatan dan observasi.

Kepala Bidang Pelayanan RSU Budi Rahayu dr Priyo menambahkan, RSU Budi Rahayu ditetapkan sebagai salah satu rumah sakit yang melaksanakan vaksinasi Covid-19. RSU Budi Rahayu langsung mengadakan diklat untuk tim yang akan terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Meliputi logistik, dan sarana prasarana lainnya. “Sehingga ketika tiba-tiba pelaksanaan vaksinasi dipercepat, kami sudah siap,” terangnya.

Rumah Sakit Budi Rahayu ditunjuk Dinas Kesehatan Kota Pekalongan sebagai salah satu dari tiga rumah sakit yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama, selain 14 puskesmas di Kota Pekalongan. Pada tahap pertama, hanya ada tiga rumah sakit dari sembilan rumah sakit yang ditunjuk untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19. Selain RSU Budi Rahayu, dua rumah sakit lainnya yaitu RSUD Bendan dan Rumah Sakit Hermina.

Rabu, 27 Januari 2021 | 17:38 WIB (Suara Merdeka)

Penulis: Isnawati

Leave a Comment